-
  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.
Home » , » Rel Ganda Dorong Harga Daging Turun

Rel Ganda Dorong Harga Daging Turun

Written By Administrator on Monday, March 31, 2014 | 4:01:00 AM


Oleh Syamsuddin Hasan

Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Anggota Komisi IV DPR-RI Habib Nabiel Fuad Almusawa berharap, pengoperasian rel kereta api ganda Jakarta - Surabaya pada April 2014 akan dapat mendorong penurunan harga daging sapi lokal di daerah konsumen.

 "Dengan selesainya pembangunan rel ganda itu akan bisa mengurangi kendala distribusi daging sapi dari daerah produsen ke wilayah konsumen," tandasnya dalam keterangan pers kepada wartawan di Banjarmasin, Jumat.

 Daging sapi lokal diharapkan bisa diangkut dengan kereta api dari daerah produsen di Jawa Timur dan Jawa Tengah secara massal dalam waktu yang lebih cepat dan minim pungutan liar, lanjut legislator asal daerah pemilihan Kalimantan Selatan itu.

 "Dengan angkutan secara massal serta ongkos angkut yang relatif murah, maka logikanya harga daging sapi di Jabodetabek nanti bisa lebih murah ketimbang sekarang," tambahnya mengomentari selesainya pembangunan rel ganda Jakarta - Surabaya.

 Ia mengungkapkan, Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) pada 21 - 24 Maret 2014 mengadakan penelusuran harga daging sapi di Pasar Tradisional di Bandung, Bogor dan Jakarta.

 Dari penelusuran tersebut diketahui harga daging sapi lokal masih tinggi, yaitu antara Rp90 ribu - Rp100 ribu per kilogram, ungkap alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB) itu.

 "Tapi distribusi dengan menggunakan kereta api jelas lebih efisian. Harapannya harga daging sapi lokal di daerah konsumen bisa lebih murah. Bagus kalau bisa sesuai harapan pemerintah, Rp75 ribu/kilogram," ujarnya.

 Ia menambahkan, tahun lalu Kementerian Pertanian menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menyediakan gerbong angkut daging sapi dari Jatim ke Jakarta.

 "Dalam kerja sama tersebut disepakati PT KAI mengangkut 800 ton daging per hari," ungkap wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menyandang gelar insinyur dan magister bidang pertanian itu.

 Politisi PKS yang kembali mencalonkan diri menjadi anggota DPR-RI lewat daerah pemilihan (dapil) Kalsel 2 itu minta, Kementerian Pertanian (Kementan) untuk lebih mengintensifikan kerja sama dengan PT KAI agar bersedia menyediakan gerbong angkut daging sapi lebih banyak.

 "Kalau dulu atau sampai saat ini, rel masih tunggal. Tapi mulai April mendatang rel sudah ganda, mestinya bisa mengangkut daging sapi lebih banyak lagi dari keadaan sebelumnya," demikian Habib Nabiel.

Editor: Ulul Maskuriah
COPYRIGHT © 2014


Share this post :
 

Design by Burung Enggang.