-
  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.
Home » , » Dewan Datangi Puskesmas Sungai Bilu Yang Ambles

Dewan Datangi Puskesmas Sungai Bilu Yang Ambles

Written By Administrator on Wednesday, July 19, 2017 | 2:40:00 AM

Para Anggota Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin.(Antaranews Kalsel)
Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Anggota Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mendatangi Puskesmas Sungai Bilu di Jalan Veteran untuk melihat langsung kondisi ambles lantai Puskesmas tersebut yang terjadinya pada Jumat (14/7).

Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Sri Nurnaningsih saat di lokasi, Senin, menyatakan keperihatinannya atas bangunan Puskesmas yang berumur 13 tahun tersebut sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi, padahal harusnya masih layak.

"Banyak bangunan tua daripada ini masih bisa berdiri kokoh, ini kita duga memang ada kesalahan konstruksi dari awalnya," ujar politisi Demokrat tersebut.

Harusnya, kata Sri, kalau dikelola dengan baik aset ini dengan pengawasan yang intensif pastinya tidak akan terjadi hal tersebut.

"Apalagi menurut petugas Puskesmas tersebut kondisi bangunan ini sudah dua kali dilaporkan ke dinas terkait dan pemerintah kota, tetap sayangnya tidak ditanggapi serius," katanya.

Konstruksi bangunan Puskesmas tidak layak lagi untuk didiami lantaran sebagian penyangga pondasinya mengalami kelapukan, lantaran terbuat dari kayu.

"Memang ada beberapa kayu ulin, tapi ada pula kayu biasa, harusnya bangunan sebesar ini pakai pondasi cor semen," katanya.

Akibat tidak permanen tersebut, mengakibatkan kejadian yang membahayakan bagi petugas uskesmas dan pasien. Namun saat kejadian tidak ada korban yang terluka parah.

"Tapi kita dengar ada beberapa petugas puskesmas yang tertimpa lemari, untungnya saat kejadian itu waktu istirahat, jadi tidak ada pasien," ujarnya.

Bagi dia, perbaikan atau pembangunan ulang puskesmas ini harus segera dilakukan, sebab demi pelayanan kesehatan masyarakat di daerah sana, sebab bangunan yang disewa untuk kegiatan Puskesmas Sungai Bilu saat ini tidak representatif.

"Kita minta juga Puskesmas lainnya yang usianya di atas 10 tahun untuk dilihat konstruksinya saat ini, untuk waspada tidak terulang lagi kejadian tersebut," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin H Lukman Hakim mengaku, pihaknya tidak mengetahui secara teknis mengapa bangunan itu bisa ambruk.

"Menurut pihak Dinas PU, memang bangunan itu sudah tidak bisa atau layak digunakan lagi. Jadi harus pindah," kata Lukman.

Dinas Kesehatan setempat yakinnya, berupaya tetap memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.

"Jadi Sabtu kemarin, kami sudah persiapkan tempat sementara, dengan menyewa rumah warga, supaya pelayanan kesehatan tetap berjalan dan akan berupaya mencari tempat yang lebih representatif lagi untuk pelayanan yang maksimal," katanya.
Editor: Imam Hanafi
COPYRIGHT © ANTARA 2017
Share this post :
 

Design by Burung Enggang.